Program studi Pendidikan Guru
Sekolah Dasar (PGSD)
Program studi Pendidikan Guru
Sekolah Dasar (PGSD), didirikan pada tahun 2007 Berdasarkan SK Dirjen
Dikti Depdiknas No: 1928/D/T/2007 . Program studi ini mempunyai visi menjadi
program studi yang unggul dalam menghasilkan calon guru SD yang beretika dan mempunyai
nilai- nilai moral, menguasi sains dan teknologi serta mengembangan
inovasi pendidikan.
Program PGSD jenjang sarjana (SI)
hadir sebagai upaya untuk merespon (1) tuntutan masyarakat akan adanya
peningkatan kualitas akademik tenaga pendidik dan (2) amanat undang-undang
No.14 th 2005 tentang guru dan Dosen.
KEUNGULAN
Penyelenggaraan pembelajaran Program
Studi PGSD di Universitas Muhammadiyah Malang, didukung oleh para Dosen
yang berpengalaman dan berpendidikan S2 dan S3 baik dari dalam maupun luar
negeri. Disamping itu, dalam rangka mencetak lulusan yang professional telah
disiapkan berbagai fasilitas pendukung yang berupa Laboraorium Microteaching ,
Laboratorium Komputer, Laboratorium Bahasa, Laboratorium Drama, Ruang
Pembelajaran Multimedia. Program studi juga memfasilitasi laboratorium outdoor
untuk praktek kerja mahasiswa dengan menjalin kerjasama dengan Pusat Studi
Kependudukan dan Lingkungan (PSLK) dan Bimbingan Konseling (BK). Kegiatan intra
maupun ekstrakurikuler mahasiswa ( antara lain Pramuka, KSR, Kesenian,
Fotografi, Pecinta Alam, Paduan Suara, IMM, HMJ) diwadahi dalam Unit
Kegiatan Mahasiswa (UKM) berpusat di Student Center (SC) universitas. Mahasiswa
baru dibekali dengan kegiatan Pelatihan Pengembangan Kepribadian dan Kepemimpinan
(P2KK), dilanjutkan program pelatihan Aplikasi Internet. Untuk menghasilkan
lulusan PGSD yang qualified dan mampu berkomunikasi secara internasional, maka
mahasiswa diwajibkan menempuh ESP (English for Specific Purpose)
selama 1 tahun. Dengan fasilitas – fasilitas yang diberikan secara
optimal diharapkan dapat mengantar lulusan PGSD menjadi tenaga pendidik yang
sesuai dengan visi dan misi PGSD yaitu, menghasilkan tenaga pendidik yang
kompeten pada : 1).Etika dan nilai-nilai moral 2). Sains dan teknologi, serta
3). Inovasi Pendidikan 4) Unggul dan kompetitif secara nasional maupun
internasional dalam bidang pendidikan SD, Professional dalam melakukan
pembelajaran di sekolah, mengabdikan profesinya berdasarkan etika dan
nilai-nilai moral 5).Mewujudkan diri sebagai program studi yang memiliki iklim
akademik kondusif dan dinamis yang mendorong pertumbuhan kehidupan ilmiah,
budaya, social, religius, dan memiliki sistem pengelolaan yang efektif dan
efisien dalam melaksanakan kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi.
RANCANGAN
PENGEMBANGAN
1
Mulai tahun akademik
2009/2010 meningkatkan efectivitas kerjasama dengan sekolah mitra dan sekolah
laboratorium (Lab Shcool). Program Studi S1 PGSD FKIP UMS telah mengadakan
perjanjian kerjasama dengan Sekolah Mitra (46 SDN se-Kecamatan Laweyan
Surakarta, dan 22 Sekolah Muhammadiyah Surakarta). Sebagai sekolah lab adalah
SD IT Muhammadiyah Al Kautsar, Gumpang – Karatasura).
2
Kurikulum PGSD mengarah
pada hasil lulusan yang mampu menjadi guru Sekolah Dasar Bertaraf
Internasional.
3
Mulai tahun akademik
2009/2010 akan menyelengarakan satu kelas SBI (25 mahasiswa) yang difasilitasi
media pembelajaran ICT dan diampu dosen yang profesional.
4
Empat tahun mendatang
program Studi S1 PGSD bertambah 1 dosen tetap bergelar doctor (proses studi S3
di Western Australia), seorang dosen Magíster (proses studi
5
S2 jurusan Primary
Education di Australia, dan 6 orang dosen magíster program studi PGSD.
6
Melengkapi fasilitas
laboratorium PGSD (kesenian, IPA, life skiil, Matematika, PKn).
7
Setiap tahun mahasiswa mengikuti
lomba PKM dan LKTM dalam PIMNAS
8
Penerbitan Jurnal
Program Studi S1 PGSD.
Website:
pgsd.umm.ac.id
Tidak ada komentar:
Posting Komentar